Rabu, 21 Maret 2012

Colorful Rau Island, Morotai

Pulau Rau, saya rasa anda baru mendengar nya kali ini. Pulau Rau terletak di Kabupaten Morotai, merupakan sebuah pulau kecil di wilayah Provinsi Maluku Utara. Sebagai Provinsi Penghasil rempah-rempah, maka bukan hal yang aneh jika mata pencarian penduduk pulau ini bertumpu pada perkebunan PalaCengkih selain dari hasil laut.

File:Morotai Topography.png
Pulau Rau, nampak sebagai pulau di Barat Morotai
Pulau Morotai, Maluku Utara
Saya berkesempatan mengunjungi nya pada bulan Agustus 2010 bersama dengan teman-teman dari Klinik Hohidiai dalam rangka untuk melakukan pelayanan kesehatan selama beberapa hari di pulau tersebut.

Saya berangkat menuju pulau Rau dari pelabuhan Tobelo di Pulau Halmahera dengan kapal kayu menuju Desa Leoleo yang akan menjadi tempatku tinggal selama di Pulau Rau.

Perjalanan laut dari Tobelo ke Leoleo ditempuh dalam waktu sekitar 5 jam dan ada beberapa spot menarik selama perjalanan. Salah satunya adalah melihat Gunung Api Dukono di Halmahera yang senantiasa terbatuk dan melatarbelakangi kota Tobelo. Aku juga bisa melihat bagaimana ikan terbang melayang bebas dan lumba-lumba beraksi.

Kapal tiba di Posiposi -desa lainnya di Pulau Rau-. Kami disamput oleh ribuan ikan julung-julung yang berkelompok dan bergerak lincah dalam kawanannya membuat atraksi koreografi bawah air yang indah di dalam laut Posiposi yang berwarna turquoise. Beberapa saat perahu bertolak kembali dan sampailah kami di Leoleo.
Desa Posiposi

Kami tiba saat hampir senja di Leoleo, dan di hari pertama kami sadar bahwa Leoleo memiliki senja yang istimewa.

Aku tinggal di sebuah rumah bekas pastori di pulau itu selama 10 hari bersama tim. Sehari-hari kami melakukan pelayanan kesehatan dasar disana dan program UKS. Setiap pagi, siang dan sore ibu-ibu bergantian membawa makanan secara bergilir dari ujung desa yang satu ke ujung lainnya.

Pastori tempatku tinggal berada tak jauh dari pantai, dan tak jarang kami menghabiskan senja kami dengan berenang atau sekedar duduk menyaksikan langit yang tampil berwarna-warni dengan guratan senja yang indah.