Jumat, 19 Juli 2013

Bukit Masbait, Tual - Maluku Tenggara


Tual adalah nama sebuah kota di Maluku Tenggara. Dulu Tual merupakan ibukota Maluku Tenggara sebelum akhirnya Tual dimekarkan menjadi kotamadya dan Ibukota Maluku Tenggara berpindah ke Langgur. Tual secara geografis terletak di pulau Dullah dan Langgur terletak di pulau Kei Kecil. Selat Rosenberg yang memisahkan kedua pulau ini tidak terlalu lebar sehingga bisa dihubungkan oleh jembatan Watdek yang tidk terlalu panjang. Intinya Tual dan Langgur itu deket banget dan nempel, bingung kenapa harus dimekarkan hahaha.

Sebagian Kota Tual (kiri) dan Langgur (kanan) yang dihubungkan oleh Jembatan Watdek
Aku cukup sering mengunjungi Tual maupun Langgur karena ake bertugas sebagai dokter PTT selama 2 tahun di Kepulauan Aru. Penerbangan dan Kapal Feri atau Pelni dari Kepulauan Aru biasa singgah dulu di Tual, sehingga cukup seringlah aku menginjakan kaki di Tual.

Seusai PTT pun aku masih berkesempatan mengunjungi Tual satu kali dalam rangka peresmian Panti Rawat Anak dari doctorSHARE. Panti ini terutama melayani untuk screening dan mengobati anak-anak dengan kondisi gizi buruk yang cukup banyak terdapat di Maluku. Salah satu lokasi panti rawat anak yang didirikan berlokasi di Desa Kelanit di Pulau Kei Kecil. Kelanit terletak tak jauh dari kota Langgur, kira-kira tak sampai setengah jam jika kita naik mobil dari Tual atau Langgur. Saat itu aku kebagian jadi seksi repot membelanjakan uang dari para donatur untuk membeli perlengkapan panti dan menjadi salah satu dokter saat bakti sosial medis dalam rangka peresmian panti. Untung sudah sering ke Tual, jadi sudah hafal keluar masuk pasar Tual untuk belanja :p

Foto Bersama di Panti Rawat Anak doctorSHARE di Pulau Kei - Maluku Tenggara
Pulau Kei Kecil sebenarnya sedikit berbukit namun tidak ada yang sampai tinggi sekali. Nah di Kelanit ini kita bisa mencapai Bukit Masbait, puncak tertinggi di Pulau Kei Kecil. Tak terlalu tinggi memang, namun ada yang unik di tempat ini yaitu adanya Jalan Salib dan Patung Yesus yang berdiri tegak di sebuah menara dalam posisi sedang memberkati. Oiya, penduduk Maluku Tenggara mayoritas beragama Katolik.

Selain sebagai tempat ziarah bagi warga Katolik, Bukit masbait juga kerap dikunjungi untuk menyaksikan pemandangan pulau-pulau kecil yang terhampar sebagai bagian dari Maluku Tenggara yang muncul dari laut yang berwarna akuamarine. Tempat ini juga merupakan spot yang baik untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Kebetulan aku tinggal di Pastori di Kelanit saat kunjunganku kali itu, cukup berjalan kaki sekitar setengah jam mulai dari pastori, kemudian melewati jalan salib dengan perhentian-perhentiannya hingga sampai di menara yang diatasnya terdapat Patung Kristus Raja yang berdiri di atas globe dalam posisi memberkati.

Selain Bukit Masbait, Pulau Kei terkenal dengan Pantai Pasir Panjang atau Pantai Ngurbloat yang tak jauh dari Langgur. Objek wisata lainnya adalah pemandian di Ewu yang airnya segar banget dan banyak pantai indah tak bernama yang mengelilingi pulau ini.


Monumen 100 Tahun Agama Katolik di Kelanit (1902-2002)
Pintu Gerbang ke Jalan Salib Bukit Masbait
Pemandangan Kepulauan Kei dari Bukit Masbait
Patung Pieta dan Salib di Bukit Masbait Tual, Maluku Tenggara
Patung Kristus Raja, Bukit Masbait, Tual - Maluku Tenggara
Gua Maria di Bukit Masbait
Pantai Pasir Panjang, Tual
Pemandangan Matahari Tebit dari Bukit Masbait
Related Articles :
Beauty and the Beach : Maluku Tenggara, Pulau Ambon, Maluku Utara

9 komentar:

  1. Kereeeennn.....Nice pict
    Izin share..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Tual memang keren. terutama pantai pasir panjangnya. Silahkan di share dan thanx ya :)

      Hapus
  2. Pasir Panjang bukan di Tual deh... Tp desa Ngilngof. Tual itu kota sendiri di Pulau Dulah. Kalau Pasir Panjang ada di Pulau Kecil. CMIIW
    salam kenal.

    BalasHapus
  3. Pengen pulaaaaangggg😭😭

    BalasHapus
  4. Maluku sangat indah dan layak dijadikan rekenondasi wisata, mari visit Maluku.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...