Sabtu, 14 September 2013

Dieng, Keindahan Negeri Di Atas Awan


Selama aku menjelajah pulau Jawa, ada 2 tempat yang aku bilang memiliki pemandangan "epic" yang menakjubkan; 2 tempat itu adalah Bromo di Jawa Timur dan yang satu laginya adalah Dieng di Jawa Tengah. Mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang luar biasa di dua lokasi tersebut. Tuhan menciptakan 2 lokasi tersebut dengan begitu artistiknya hingga aku tak henti-hentinya kagum dan bersyukur pada Sang Pencipta.

Mungkin ada beberapa tempat istimewa lainnya di pulau Jawa yang pemandangan tak kalah memukau. Aku membayangkan Alun-alun Suryakancana (Gunung Gede, Jawa Barat) yang dipenuhi bunga Edelweiss mungkin dapat digolongkan ke dalam kategori ini (sayang aku belum sempat mengunjunginya). 

Kali ini aku ingin menunjukan keindahan Dieng melalui foto-fotoku. Aku mengunjungi Dieng pada bulan November 2012. Semua berawal dari penawaran paket promo dari media sosial tentang trip 3 hari 2 malam seharga 400 ribu rupiah ke Dieng. Termasuk murah menurutku karena harga tersebut sudah termasuk transportasi dari Jakarta ke Dieng pp, makan, penginapan dan tiket wisata. Tinggal duduk manis dan siapin uang untuk beli oleh-pleh saja (sebenernya nggak duduk manis sih, tapi duduk pegel, karena perjalanan Jakarta-Dieng sekitar 12 jam).

Perjalanan diawali dengan menyusuri Pantura kemudian kita masuk ke arah Banyumas. Dari Banyumas perjalanan berlanjut ke arah Purbalingga - Banjarnegara dan Wonosobo. Dataran Tinggi Dieng terletak di perbatasan kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Kawasan wisatanya pun sebagian termasuk dalam wilayah Banjarnegara dan dan sebagian lainnya di Wonosobo.

Suasana pegunungan dengan udaranya yang sejuk akan menemani perjalanan kita selama di Dieng. Dieng adalah daerah penghasil sayur-sayuran utama di Jawa Tengah dengan tanaman Kentang sebagai primadonanya. Karena konturnya yang berbukit, maka kentang tersebut akan ditanam berundak dalam lahan yang luas. Tak jarang, sepanjang mata memandang, kita akan disuguhi pemandangan bukit hijau yang terpahat berundak. Sangat rekomended lah pokoknya, apalagi buat yang doyan foto landscape.

Objek wisata di Kawasan Wisata Dieng adalah Telaga Warna, Kompleks Candi Arjuna, Kawah Sikidang dan Sikunir, Telaga Merdada, Museum Kailasa, Dieng Plateau Theatre dan berburu matahari terbit... Banyak toh, jadi dijamin gak bosen.

Untuk masalah oleh-oleh juga tak perlu kuatir. Banyak pilihan oleh-oleh mulai dari keripik kentang, keripik jamur, carica, kentang merah, purwaceng, dan beraneka macam produk olahan perkebunan. Bagi anda yang gemar wisata kuliner bisa mencoba Mie Ongklok ala Wonosobo ditemani oleh sate. 









Tieng View Point
Perkebunan Kentang di Dataran Tinggi Dieng
Dieng Plateau
Peta Kawasan Wisata Dieng

3 komentar:

  1. Ulasan blog yang sangat menarik dalam membahas Tempat Wisata Jawa Dieng Plateau Wonosobo., maju terus blognya, semangat nulis artikel.

    BalasHapus
  2. keren sekali gan,, pemandangan nya ..terimaksih informasinya ..

    BalasHapus
  3. jika anda butuh nomor togel di jamin 100% tembus silahkan hub AKI SAJIWO di nmr hp beliau 085-322-061-788 terimah kasih

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...