Minggu, 01 September 2013

Gunung Tangkuban Perahu

//:willysteven

Salah satu obyek wisata yang sejak lama beken di Jawa Barat adalah Gunung Tangkuban Perahu. Gunung dengan ketinggian 2048 meter ini terletak sekitar 30 km di utara Kota Bandung dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya.

Objek wisata ini sangat erat kaitannya dengan legenda Sangkuriang yang merupakan cerita rakyat dari masyarakat Jawa Barat. 

Singkat cerita dikisahkan Sangkuriang yang jatuh cinta kepada ibunya sendiri, yaitu Dayang Sumbi karena mereka berdua telah lama berpisah dan Dayang Sumbi memiliki ilmu tinggi sehingga tetap awet muda. Sangkuriang bersikeras untuk memperistri Dayang Sumbi. Karena mengetahui ikatan darah tersebut, Dayang Sumbi menolaknya dengan memberi syarat yang berat. Sangkuriang harus membuat sebuah telaga dan perahu dalam waktu semalam. Sayang walau telaga tersebut telah selesai, namun perahu yang diminta Dayang Sumbi tidak selesai tepat pada waktunya. Karena marah dan kesal, perahu itu ditendang oleh Sangkuriang dan membentuk sebuah gunung yang menyerupai bentuk perahu terbalik.

Atraksi utama di Gunung Tangkuban Perahu adalah menyaksikan Kawah Ratu yang merupakkan kawah terbesar di gunung ini dan masih aktif. Tempat parkir di daerah ini cukup luas, namun sayang terlalu banyak pedagang, calo parkir yang membuat area ini menjadi kurang nyaman. Pada musim liburan juga kawasan wisata ini dipastikan akan dipenuhi pengunjung karena akses nya yang terbilang relatif mudah. 

Objek wisata lain yang sangat sayang dilewati adalah Kawah Domas. Kawah Domas memang tak sebesar kawah ratu, namun anda bisa merendam kaki di air hangat, self-spa lumpur vulkanik hahaha, dan memasak telur rebus di kawahnya.

Jalan setapak menuju Kawah Domas dari Parkiran Kawah Ratu
Kawah Domas
Hati-hati dengan pedagang lokal di sini yang kadang memberi info sesat untuk keuntungan mereka sendiri dan beberapa orang yang memaksa untuk menemani perjalanan anda sebagai guide dan akhirnya meminta tip yang luar biasa. Inilah salah satu hal yang saya rasa perlu untuk ditindaklanjut oleh pengelola wisata agar para wisatawan tidak membawa kesan buruk mengenai Tangkuban Perahu.

Tiket masuk di obyek wisata ini adalah Rp. 12.500,-/orang, Rp. 9.000,-/mobil, Rp. 4.000,-/motor, dan Rp. 17.500,-/bus.

Jika anda mengendarai mobil maka sepertinya tidak sulit mengunjungi objek wisata ini. arahkan kendaraan anda ke arah Lembang dan selanjutnya ikuti petunjuk jalan yang ada. Bagi pengguna kendaraan roda dua, gunakan jalur alternatif Bandung-Lembang, yaitu melalui Dago dan Pagerwangi yang berjarak sekitar 5 Km, melewati Pasar Lembang. Jalan menuju kawasan wisata ini sudah teraspal dengan baik, tetapi terdapat beberapa tikungan tajam yang curam. Dari Lembang, hanya 11 Km ke arah Subang untuk dapat mencapai gerbang utama obyek wisata Gunung Tangkuban Perahu.
Jalan raya antara Lembang-Tangkuban Perahu
Pintu masuk kawasan wisata alam Gunung Tangkuban Perahu







Related Articles :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...