Rabu, 13 Maret 2013

Taman Laut Bunaken, Manado


Bunaken adalah nama salah satu taman laut yang paling terkenal di Indonesia. Bunaken juga menjadi main attraction bila kita mengunjungi Manado. Tidak sah rasanya mengunjungi Manado tanpa singgah di Bunaken yang tampak menggoda di horizon kota Manado.

bunaken marine national park of manado

Taman Laut Nasional Bunaken mempunyai area dengan luas 75.265 ha. Terdapat 5 pulau yang termasuk dalam taman nasional ini yaitu Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage beserta anak pulau yang di sekelilingnya. Dan jumlah penduduk yang ada di kelima pulau tersebut sekitar 21.000 orang.

Secara geografis Pulau Bunaken termasuk dalam wilayah perairan “Segi Tiga Emas“. Lebih dari sekitar 3000-an spesies ikan berada di Bunaken. Wilayah “Segi Tiga Emas” adalah jalur perairan laut yang menghubungkan laut Filipina, laut Papua, dan laut Indonesia. Karena kekayaan alam yang berada di Bunaken, organisasi nasional dan internasional non pemerintah saling bekerja sama dalam menjalankan konservasi terumbu karang dan mangrove.

Pemerintah Kota Manado mempunyai gagasan menjadikan Bunaken sebagai obyek wisata bahari dan wisata edukasi, karena pemerintah setempat melihat aktivitas konservasi alam laut di wilayah ini. Maka dari itu kawasan Pulau Bunaken pada 1991 silam, Menteri Kelautan meresmikannya sebagai Taman Laut Nasional Bunaken.

Untuk mencapai Taman Laut Nasional Bunaken, wisatawan dapat menggunakan transportasi yang sudah tersedia yaitu perahu motor aneka jenis dari pantai Teluk Manado. Sebagian perahu berupa "catamaran" yang memiliki dasar kaca sehingga kita dapat melihat pemandangan bawah air tanpa berbasah-basah ria. Harga kapal biasa dihitung per kapal sehingga akan sangat hemat jika kita pergi dengan banyak orang dan cost sharing.

Di dalam Blue Banter (Semi Submersible Ship)
Sayangnya saat ku hendak mengunjungi Bunaken tepat pada hari kerja dan aku tidak memiliki opsi hari lain. Jadilah aku terkatung-katung sendiri tanpa pendukung. Nyaris aku pulang dengan label "tidak sah" dari Manado karena tidak mengunjungi Bunaken. Namun kekecewaan itu batal terwujud berkat adanya opsi lain yaitu menggunakan "Blue Banter", sebuah kapal semi-submersible (setengah kapal selam) yang dapat kita booking di Hotel Ritzy, Manado. Harganya memang relatif mahal yaitu 300 ribu per orang untuk half day tour. Tapi tetap lebih ekonomis dibanding menyewa kapal sendiri sebesar diatas 500 ribu per kapal (yang ini bisa cost sharing sihhhh).
Bunaken memiliki luas kurang lebih sekitar 8 km² yang terletak di Teluk Manado. Di sekeliling Bunaken, ada taman laut yang juga bagian Taman Nasional Kelautan Manado Tua. Bunaken juga merupakan salah satu taman laut yang mempunyai biodiversitas laut tertinggi dunia. Oleh karena itu banyak para wisatawan yang datang berkunjung untuk melakukan aktivitas menyelam di kawasan Bunaken. Meski luas area mencapai 75.265 ha, lokasi menyelam sangat terbatas, hanya berada di sekitar pantai yang mengitari kelima pulau yang berada di kawasan Taman Laut Nasional Bunaken.
Bunaken Island, Manado
Pulau Bunaken
Museum Bunaken
Di Bunaken terdapat 40 lokasi penyelaman yang memiliki beraneka ragam terumbu karang dan ikan laut tropis yang indah. Wisatawan yang melakukan penyelaman di wilayah Bunaken akan disuguhi pemandangan 150 spesies ikan dari sekitar 58 genus ikan dan terumbu karang.
Ikan Lolosi, alias Fussiler Fish
Manado Wall


Taman Laut Nasional Bunaken mempunyai 20 dive spot / titik penyelaman dengan berbagai kedalaman yang bervariasi. Dari 20 dive spot, 12 dive spot berada di Pulau Bunaken dan merupakan titik penyelaman yang paling sering dikunjungi oleh penyelam-penyelam baik lokal maupun mancanegara. 

Manado Tua and Bunaken Island
Pulau (Gunung) Manado Tua dilihat dari Pulau Bunaken dengan hamparan Terumbu Karang

Related Articles :

3 komentar:

  1. Infonya bagus sob, jadi pengen berkunjung kesana. terimakasih banyak sob

    BalasHapus
  2. terima kasih informasinya bagus pemandangan bawah laut bunaken saya jdi ingin ke sana ke laut bunaken ..

    perumahan di solo baru
    perumahan di tanah baru depok

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...