Kamis, 21 Maret 2013

Phuket, Bangkok atau Chiang Mai?



Phuket, Bangkok dan Chiang Mai adalah 3 magnet wisata yang dimiliki Negeri Gajah Putih, Thailand. 3 pusat wisata ini memiliki karakteristik dan daya tariknya masing-masing. Saya akan memberi sedikit perbandingan pada postingan kali ini agar kita mendapat gambaran kira-kira apa yang akan anda temui  di masing-masing kota tersebut sehingga tidak salah pilih tempat wisata.

Phuket ("Pearl of Andaman")
Phuket merupakan nama pulau terbesar yang terletak di Thailand Selatan. Phuket berbatasan dengan Provinsi Krabi dan Pha Nga yang ketiganya menawarkan keindahan pantai, pulau dan teluk-teluk yang mempesona. Kota Phuket, Patong Area, Phi Phi Islands dan Pha Nga Bay merupakan primadona wisata di area ini.

Bangkok ("City of Angels")
Merupakan ibukota Thailand dan terkenal sebagai salah satu surga belanja di Asia. Terkenal dengan  komplek Grand Palace dan Dusit yang mempesona. Serta beberapa Wat (temple) yang indah dan ornamentalis. Jika anda tergila-gila belanja, maka Chatuchak Weekend Market dan kompleks perbelanjaan dan mall di Siam Area mungkin bisa menjadi pemuas dahaga. 
Area Khao San, Patpong (dan kota Pattaya) menawarkan hiburan malam dan show-show khusus dewasa yang merupakan sisi lain dari Bangkok

Chiang Mai ("Rose from the North")
Terletak di Utara Thailand, merupakan kota budaya dan sejarah dan ibukota dari Ancient Kingdom of Lanna. Pusat kotanya terletak di kompleks "Old City" berbentuk persegi dengan sisi sepanjang 1,6km yang dibatasi oleh tembok dan parit. Memiliki Wat yang indah dan citarasa tradisional yang kental. Chiang Mai juga cocok untuk anda yang menikmati kegiatan outdoor, mengunjungi hilltribe villages atau meraih "Golden Triangle" yang terkenal sebagai area penghasil opium.


Setelah berkenalan sekilas, saya akan memberikan beberapa indikator perbandingan bagi ketiganya :

For Food Lover (Bangkok & Chiang Mai > Phuket)
Chiang Mai dan Bangkok merupakan pilihan tepat untuk menikmati citarasa kuliner Thailand yang spicy and little bit sour. Deretan pedagang di Night Market bisa menjadi etalase bagi anda penikmat kuliner.
Di Chiang Mai kita bisa mencoba Khantoke Dinner yaitu makan malam lesehan dengan menu khas disertai menonton pertunjukan tari-tarian. Bagi para food lover baca juga postinganku lainnya tentang Street Food ala Bangkok.
Sebenarnya baik di Phuket, Bangkok maupun Chiang Mai kita akan dengan mudah menemui makanan khas Thailand. Namun banyaknya Pasar Malam di Chiang Mai dan Bangkok menjadi nilai plus karena kita bisa menemukan berbagai jenis makanan di satu spot.
Khao Neeo Mamuang alias ketan mangga adalah dessert khas Thailand yang paling aku suka.

Khao Neeo Mamuang alias Ketan Mangga selalu manjadi jajanan favoritku setiap mengunjungi Thailand
Untuk Para Pecandu Belanja (Bangkok > Chiang Mai > Phuket)
Bangkok telah lama terkenal sebagai surga belanja. Mulai dari barang kelas kaki lima sampai yang branded bisa kita temukan di Kompleks perbelanjaan di Siam Area (MBK, Siam Square, Siam Paragon, Platinum), Chatuchack Weekend Market dan China Town. 
Ssstt... sebenarnya untuk soal harga, Chiang Mai lebih murah terutama untuk produk handicraft. Chiang Mai terkenal sebagai daerah penghasil produk kerajinan tangan di Thailand.
San Kamphaeng District yang terletak Chiang Mai merupakan  pusat handicraft, gemstones dan sutera khas Thailand. Jika anda adalah penawar ulung dan penggila belanja, maka Sunday Market dan Saturday Market di Chiang Mai merupakan area yang tepat untuk berbelanja.
Untuk Phuket saya kurang merekomendasikan untuk berbelanja karena harganya yang lebih mahal.

Untuk Para Penjelajah Alam (Chiang Mai > Phuket > Bangkok)
Banyak pilihan kegiatan outdoor yang ditawarkan di Chiang Mai. Mulai dari Hiking ke Doi Inthanon (Puncak tertinggi di Thailand) sambil menikmati beberapa air terjun yang cantik. Ada pula program untuk seharian berinteraksi dengan gajah, mulai dari menaiki gajah, memberi makan gajah, memandikan gajah. Bersepeda ke Doi Suthep; Menikmati kanopi hutan Thailand dengan treetop adventure.
Di Phuket kita bisa melakukan sea canoeing di Pha Nga Bay yang pemandangannya ala lukisan, bersnorkling  di Phi Phi Islands, Koh Khai dan beberapa spot lainnya (walau Indonesia unggul jauh untuk keindahan alam bawah lautnya).

Sea Canoeing in Pha Nga Bay
Ongkos Pesawat (Bangkok > Phuket > Chiang Mai)
Walau Phuket terletak lebih dekat dibanding Bangkok kalau kita lihat di peta, namun banyaknya maskapai yang melakukan direct flight Jakarta-Bangkok membuat peluang mendapat tiket promo lebih besar. Sehingga rata-rata harga tiket ke Bangkok lebih murah dari Phuket. Mandala Airline dan Airasia bisa menjadi pilihan bagi anda yang cost saver.
Untuk Chiang Mai pastinya lebih mahal, karena kita harus singgah di Bangkok karena tidak adanya direct flight ke sana. Aku menggunakan Nok Air, maskapai lokal dengan tarif miring untuk menuju ke Chiang Mai. Airasia bisa menjadi opsi lainnya. Sebaiknya sandingkan kunjungan anda ke Bangkok dengan Chiang Mai untuk menghemat tiket.

For Cost Saver (Bangkok > Chiang Mai > Phuket)
Secara umum Thailand relatif friendly bagi para bacpacker dan cost saver. Tinggal pilih liburan kalian mau luxurious dengan cost yang lebih, atau ala backpacker yang adventurous.
Bangkok kuberi nilai plus karena tiket pesawatnya yang paling murah, pilihan hotel/guesthouse bagi para cost saver juga banyak (Cek lah di Khao San Area), dan transportasi yang beragam dan murah. Namun tiket masuk beberapa tempat wisata memang cukup mahal (400 Baht untuk tiket ke Grand Palace dan 100 Baht ke Wat Pho).
Chiang Mai menyusul selanjutnya, karena areal wisatanya terpusat di sekitar Old City sehingga hemat transport. Cukup sediakan sunblock  untuk menjelajah Chiang Mai dengan jalan kaki atau menyewa sepeda motor. Jika kita ingin ke Golden Triangle atau Chiang Rai kita bisa menggunakan jasa tur. Aku menggunakan Travelhub saatku mengunjungi Chiang Rai dan pelayanan mereka memuaskan.

Tempat wisata di Phuket tersebar di pulau-pulau indah sepanjang Laut Andaman yang membuat cost agak mahal karena menggunakan transportasi laut. Setidaknya siapkan 2 hari khusus untuk menjelajah Laut Andaman saat anda berada di Phuket. Satu hari untuk melancong ke Phi Phi Island dan hari lainnya ke Pha Nga Bay. Jangan sampai terlewat salah satunya, karena 2 tempat tersebut sama-sama mempesona dan sangat indah.
Bagi para cost saver tak perlu kuatir tentang harga makanan di Thailand. Baik Bangkok, Chiang Mai maupun Phuket merupakan surga bagi penikmat kuliner tetapi tetap tanpa bikin kantong bocor.

For Beach Lover ( Phuket > Bangkok > Chiang Mai )
Untuk kategori ini Phuket menang telak. Terdapat pantai yang sudah terkenal di tingkat Internasional seperti Maya Bay di Phi Phi Island yang merupakan tempat syuting "The Beach" nya Leonardo di Caprio. Cukup berderet panjang daftar  nama pantai indah yang terletak di Phuket dan sekitarnya (dan memang benar-benar indah). Contohnya Koh Khai yang pernah ku posting, Phi Phi Islands, Lawa Island dan Pantai di Pulau Phuket sendiri (Patong, Karon, Kata, Rawai, Chalong dan lainnya).
Bangkok terletak di tepi Sungai Chao Phraya dan tidak memiliki pantai. Biasa wisatawan pergi ke Pattaya yang berjarak 2 jam dari Bangkok namun pantainya kubilang yaaa biasa.
Chiang Mai gak punya pantai dan letaknya juga jauh dari pantai.

Phi Phi Don Island
Wat Seeker (Bangkok > Chiang Mai > Phuket)
Wat = Temple dalam bahasa Thailand.
Bangkok terkenal dengan Wat nya yang indah dan detail. Wat Arun, Wat Phra Khaew dan Wat Pho adalah yang wajib dikunjungi di Bangkok. Selain itu ada Wat Saket, Wat Traimit yang patut untuk direkomendasikan.
Chiang Mai sebagai ibukota Ancient Kingdom of Lanna juga memiliki banyak Wat yang indah; yang paling terkenal adalah Wat Phrathat Doi Suthep. Di kompleks Old City kita bisa menemukan lebih dari 30 Wat, yang terkenal adalah Wat Chedi Luang, Wat Phra Singh dan Wat Chiang Man (Wat tertua di Chiang Mai).
Ke utara sedikit kita dapat menemukan kota Chiang Rai yang terkenal dengan Wat Rong Khun alias White Temple yang sangat detil, indah.
Phuket termasuk wilayah Thailand Selatan yang telah mendapat pengaruh Islam sehingga tidak terlalu banyak Wat di sini. Namun Wat Chalong di Phuket tetap layak untuk direkomendasikan saat anda berkunjung ke Phuket.

Wat Rong Khun, The White Temple of Chiang Rai
Landscaper and View Lover (Phuket > Chiang Mai > Bangkok)
Phuket dianugrahi pemandangan alam yang indah. Phi Phi Island dan Pha Nga Bay sangat aku rekomendasikan untuk dikunjungi bagi anda pecinta keindahan alam. Pasir putih, laut berwarna aquamarine, bukit-bukit  yang menjulang ala chinese painting merupakan suguhan utama dari Phuket.
Chiang Mai menampilkan sisi lainnya dengan menonjolkan keindahan perbukitan, hutan dan air terjun.
Bangkok menampilkan kegemerlapan kota, city view dan pemandangan cantik saat kita menyusuri sungai Chao Phraya

Maya Bay, Phi Phi Leh Island
Grand Palace Bangkok
Nightlife (Bangkok > Phuket > Chiang Mai)
Untuk para kalong yang gemar keluar malam, maka Bangkok rasanya tak akan mengecewakan. Pergilah ke area Khao San, area backpacker yang terkenal dengan night market dan night life nya. Bar akan berjajar di sepanjang jalan yang disulap menjadi night market. Pengunjungnya didominasi orang expat.
Jika kurang hot, pergilah ke Pat Pong Night Market (bisa dijangkau dengan naik BTS dan turun di stasiun Saladaeng). Night market juga, namun di pinggirnya bukan bar biasa, melainkan go go bar, Thai Girl Show. pokoknya red light area deh dan kita bisa lihat sex toy, aneka underwear bermacam model dijual di kaki lima.
Masih kurang hot? pergilah ke Pattaya (2 jam dari Bangkok) dan kita bisa menemukan aneka show vulgar untuk dewasa, red light area  dan beberapa transgender cabaret show (yang terkenal = Alcazar Show).
Untuk Phuket, Bangla Road adalah area pas bagi penikmat nightlife di Phuket. Suasana nya mirip Patpong namun jalanannya lebih besar dan panjang. Go Go Bar akan berjajar di sepanjang jalan dan banyak juga yang mangkal sepanjang jalan sambil berpakaian seksi yang entah cewek beneran atau transgender alias banci :D. Show kabaret transgender juga bisa kita saksikan di Phuket (yang terkenal = Simon Cabaret).
Kalau di Chiang Mai, lebih baik ke Night Market deh kalau malam atau dinner di tepi Mae Ping River hahaha

"Pretty Boy" of Simon Cabaret Show, Phuket
For Culture Admirers (Chiang Mai > Bangkok > Phuket)
Chiang Mai sarat akan wisata budaya. Banyak Wat peninggalan Ancient Kingdom of Lanna yang cantik dan bernilai historis. Terdapat beberapa hilltribe villages yang bisa dijelajahi untuk mengenal suku-suku minoritas di Thailand (Hmong, Karen, Akha, Lisu dan lain-lain).
Loy Krathong merupakan festival unik yang dirayakan di bulan November saat bulan purnama yang sayang dilewatkan. Sebenarnya festival ini dirayakan di seluruh Thailand, namun Chiang Mai yang menjadi pusat perayaannya.
Di Chiang Mai festival ini dikenal dengan sebutan Yi Peng Festival.
Bangkok juga tak kalah menarik dari segi kultural. Banyak bangunan dan Wat yang punya nilai historis dan kultural yang tinggi. Kompleks Royal Museum di Area Dusit juga menjadi pilihan sempurna bagi pecinta budaya. Cultural Show seperti Siam Niramit juga sangat layak untuk direkomendasikan. Saya sendiri terkagum-kagum sepanjang pertunjukan Siam Niramit, KEREN!
Phuket Fantasea merupakan cultural show di Phuket yang juga layak direkomendasikan. namun pilih saja salah satu antara Siam Niramit di Bangkok atau Phuket Fantasea karena mirip-mirip dan harganya yang lumayan (sekitar 400 ribu rupiah).

Karen Long Neck Tribe
Ananta Samakhom Throne Hall Royal Museum, Dusit Area, Bangkok
Kesimpulannya: Semua memiliki keunggulan dan karakteristik masing-masing, pilihan kembali jatuh ditangan anda dan semoga postingan saya kali ini bermanfaat sebagai panduan untuk menentukan pilihan. 

..... Namun secara pribadi saya  memilih Chiang Mai sebagai kota favorit saya di antara ketiganya :)
Related Articles :

10 komentar:

  1. kereeeen... tulisanny menarik, foto2ny jg pas bgt... jadi pengen ke thailand segera... ^^

    BalasHapus
  2. Tuta nanosella vungy17 November 2014 pukul 05.27

    Mas mau nanya, saya rencana mau pergi ke thailand, kira kira berapa budget yang dibutuhkan buat saya liburan disana? Makasih mas.. Mohon dibalas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika anda butuh nomor togel di jamin 100% tembus silahkan hub AKI SAJIWO di nmr hp beliau 085-322-061-788 terimah kasih

      Hapus
  3. Artikelnya bagus....loy krathong hanya bulan november ya? Tanggal brp dan posisinya dimana? Klu bawa anak2 destinasi yg menarik dichiang may yg recommendednya apa? Trims

    BalasHapus
  4. Wkt di phuket kamu pk travel agen atau backpacker? Kira2 utk backpacker hbs brp utk biaya ke lokasi pulau2 tsb? Tq tq tq

    BalasHapus
  5. Halo Mas Willy, review dan rekomendasinya sangat menarik. Saya berencana ke Bangkok dgn 2 anak 10-12 Thn selama 6 hr. Mrk ingin ke pantai indah di thailand jg. Menurut mas Willy, :
    1. Di Bangkok kami bermalam di hotel lokasi mana?
    2. Lebih baik pantai mana jika bawa anak utk 1-2 malam?
    3. Lebih baik dr Bangkok ke pantai dulu 1-2 malam br ke Bangkok lagi atau sebaliknya?

    Oh ya selain pantai, tujuan kami wisata budaya, kuliner, tempat yg menarik buat anak2 & sedikit belanja. Kawasan hotel mana yg dekat dg destinasi2 tersebut?

    Rerima kasih :)

    BalasHapus
  6. terimakasih info nya..sangaat menolong dan deskriptif :-)

    BalasHapus
  7. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus
  8. TUVM, ini sangat membantu sekali 👍👍👍

    BalasHapus
  9. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...