Jumat, 28 Oktober 2011

Kolbano, the White Stone Beach

Kolbano Beach, Timor Island, Indonesia

Aku perkenalkan Kolbano kali ini. Area pesisir di selatan Pulau Timor yang terletak di kabupaten Timor Tengah Selatan. Ada yang istimewa di Kolbano, kali ini bukan pasir yang menutupi pantai, malainkan batu-batu putih yang berserak diselingi batu-batuan berwarna.

Pantai ini menghadap ke laut Timor yang berwarna biru yang creamy karena pantulan dari batu-batu putih yang berada di dasar laut. Ombak di pantai ini cukup keras pada hari-hari tertentu sehingga sedikit berbahaya jika hendak berenang di Kolbano.

Namun pantai ini sempurna untuk melihat matahari terbit, melihat langit memerah saat senja dan sekedar jogging menyusuri sepanjang pantai yang berbatu sambil pijat refleksi hahaha. dijamin bakal sakit kalau gak pakai alas kaki.

Batu-batu di pantai ini ditambang oleh penduduk sekitar untuk dikirim ke kota-kota besar di Indonesia sebagai hiasan taman dan kolam. Bahkan konon batu ini juga diekspor ke luar negeri. Setiap sore aku disuguhi pemandangan penambang batu yang sedang menyortir batu menurut warna dan ukuran. beberapa hari sekali mobil truk datang untuk membawa batu-batu tersebut ke Kupang.

Pantai Kolbano merupakan pantai yang paling sering aku kunjungi. 3 bulan aku hidup tepat di pinggir pantai nya saat ada proyek pemetaan potensi migas di sekitar daerah tersebut oleh PT. Saripari Geosains. Untungnya lokasi basecamp tepat di pinggir pantai Kolbano. Aku biasa mengunjungi nya saat istirahat makan siang atau menjelang senja.

Tidak banyak pantai yang memiliki keindahan setara Kolbano, dan semoga hal ini dimanfaatkan oleh pemerintah setempat untuk mengangkat potensi pariwisata di Kolbano sekaligus menghentikan penambangan batu putih yang dapat berakibat hialngnya julukan Kolbano sebagai The White Stone Beach.


Sweet

Mengubah Batu Menjadi Roti

White Stone Without Sand

Me in Kolbano

Twilligt Sky in Kolbano

Kolbano Beach at Mid Day

This View taken on My Birthday (May 5, 2011)
Related Articles :

6 komentar:

  1. Selalu kangen utk kembali ke pantai ini... Keren, sayang belum tertata...

    BalasHapus
  2. iya ua sayang belum banyak yang tau keunikan Kolbano, Fatu'Un dan Nualunat. oiya Gel, batu putih besar di Fatu'Un di coret2 pake pilox tuh. padahal itu kan icon nya. parah tuh yang coret2, blom sadar pariwisata rupanya

    BalasHapus
  3. Udah dicoret2? Hiks sayang banget, padahal qta aja yang orang luar kesengsem berat dan selalu kangen sama tempat itu eh malah dirusak ikon kolbano...

    BalasHapus
  4. saya pastikan yang datang ke pantai ini tidak ada menyesal dan pingin berlama-lama di pantai KOLBANO-kupanga ntt-tts
    benar-benar sangat indah
    saran : buat badan pariwisata kupang lebih meningkatan sarana pariwisata di kolbano, karna menurut saya kolbano jika di kembangkan bakalan mendunia, cieeee :) hehehehehe, saran saya, semoga di terima :) mks ya :)

    BalasHapus
  5. trimksh,, sdh mmbuat tulisan ini. sya org asli kolbano. skrg sdg di uslkn utk sgra d brhntikan penambangan batuan warna krn hal ini bisa merusak pntai ini.dan skrg jga di Kolbano sdg ada pembangunan dermaga.
    Trimakasih :)

    BalasHapus
  6. Hai, ak lg ad final project. Mau bkin design resort di daerah kolbano. Dan butuh info tntg kolbano, di kolbano ini bisa surfing gk, trus apa bener di kolbano ini ada palung laut ? Thx :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...