Sabtu, 01 Desember 2012

Pulau Kanawa, Mutiara di Laut Flores

Pulau Kanawa
Pulau Kanawa merupakan pulau kecil yang terletak sekitar 10 km dari Labuan Bajo yang menjadi pintu gerbang Pulau Komodo. BIla ingin berkunjung ke Pulau Komodo, kita pasti melewati pulau ini. Pulau Kanawa sangat cocok untuk tempat bersantai, berjemur ataupun bersnorkeling dan diving.

Alam bawah lautnya sangatlah menawan. Kita tak perlu jauh-jauh mencari tempat snorkeling untuk dapat melihat terumbu karang, coral, penyu, bintang laut, dan berbagai jenis anemon laut lainnya. Hanya berjarak sekitar 10 meter dari bibir pantai kita sudah dapat menemukan semua keindahan itu. Di sisi kanan pulau ini juga masih terdapat sisa ganggang merah yang membuat di Pulau Kanawa ini sekilas terlihat berwarna pink. Pantai berwarna pink lainnya dapat juga kita temui di Pulau Komodo dengan warna yang lebih kemerahan akibat banyaknya pecahan koral berwarna merah di pasir pantainya,

Bila ingin ke Pulau Kanawa, pengelola resort menawarkan shuttle boat gratis untuk para wisatawan dari Labuan Bajo. Untuk mengantar para tamu dari Labuan Bajo kapal disediakan pada pukul 12.00 WIT dan untuk mengantarkan kembali ke Labuan Bajo kapal siap dari Pulau Kanawa pada pukul 08.00 WIT. Namun, jika kita menginginkan waktu yang lebih fleksibel kita dapat menyewa kapal seharga Rp250.000,00. Untuk menjangkau pulau ini kita hanya memrlukan 1 jam saja perjalanan.

Di Pulau Kanawa terdapat 13 cottages yang berdesain minimalis tapi sangat romantis. Harga untuk standard room berkisar Rp300.000,00. Di setiap kamarnya terdapat kelambu dan hammock. serta untuk kamar mandinya memiliki konsep semi open bathroom.

Persediaan listrik dan air bersih di Pulau Kanawa masih sangat terbatas. Dimana pengisian air bersih hanya terdapat satu kali, yaitu sekitar pukul 16.00 WIT. Dan, untuk urusan listrik hanya bisa hidup dari pukul 18.00 WIT sampai 23.00 WIT. Namun, dengan adanya 'keterbatasan' ini di tengah malam kita dapat menyaksikan keindahan stargazing (rasi bintang) karena pulau tersebut benar-benar gelap gulita.

Tak hanya penginapan, di Pulau Kanawa juga terdapat restoran Starfish dan PADI diving center. Sekadar rekomendasi, makanan di restoran Starfish ini dikelola langsung oleh pihak resort. Menu seafood dan pizza-nya patut diacungi jempol, lho. Maklum, pengelola dari resort ini merupakan orang Italia. Dan, jika ingin mengeksplor kekayaan bawah laut Kanawa, terdapat tempat penyewaan alat-alat snorkel dan juga diving di PADI diving center.

Pulau Kanawa memang sangat cocok untuk sejenak pergi dari penatnya rutinitas hidup. Tinggal di Pulau Kanawa serasa tinggal di pulau pribadi. Ketenangannya, air lautnya yang biru dan jernih, keindahan bawah lautnya, serta keramahan yang ditawarkan Pulau Kanawa membuat siapa saja selalu ingin kembali ke sana. 

Pulau yang indah ini merupakan salah satu mutiara yang terdapat di sekitar Taman Nasional Pulau Komodo. Jiwa petualangan siapa pun akan terpuaskan dengan keindahan bawah laut Pulau Komodo dan keeksotisan dan liarnya Pulau Komodo.
(sebagian teks diambil dari detikTravel)









Related Articles :

3 komentar:

  1. @Willy Steven, wow ..Pulau Kanawa nya indah banget....*walaupun cuma baru lihat dari foto diblog kamu..hehe :-)

    BalasHapus
  2. Hehe thanx uda mampir. NTT emang gaada matinya. Kalau ada kesempatan and rejeki ke Komodo aja. keren mas

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...