Sabtu, 20 April 2013

Tutong, Brunei : Taman Seri Warisan Emas


Taman Seri Warisan Emas adalah nama sebuah taman yang terletak di tengah kota Tutong. Letaknya memang cukup strategis yaitu diantara Kawasan Bukit Bendera dan Dewan Seri Kenangan, namun kadang terlewatkan karena sedikit masuk dari tepi jalan. Taman ini merupakan salah satu landmark dari kota Tutong selain "Keris Monument" di Batu Bendera.

Keris Monument, Tutong yang terletak di depan gedung RTB  Brunei
Taman ini dibangun pada tahun 2006 sebagai persembahan ulang tahun Sultan Hassanal Bolkiah yang ke 60 dari penduduk Tutong. Namun walaupun masih tergolong baru, taman ini nampak kurang terawat. Walaupun demikian yaaa masih cukup bagus untuk dijadikan tempat untuk berfoto di Tutong.

arca di Taman Seri Warisan Emas, Tutong, Brunei Darussalam
Monumen di Taman Seri Warisan Emas, Tutong, Brunei Darussalam
Monumen yang terdapat di taman ini memiliki makna tersendiri.
Sebuah Globe dangan menonjolkan peta Negara Bagian Tutong dikelilingi angka "60" melambangkan Negara Brunei Darussalam yang aman, makmur di bawah perlindungan dan senantiasa berkidmat pada Allah. Angka 60 menunjukan maksud pendirian monumen ini sebagai peringatan ulang tahun Sultan yang ke-60.

Satu set alat musik "Gulingtangan" (Gamelan dalam bahasa Indonesia) melambangkan kekayaan khazanah seni budaya rakyat yang menggambarkan keelokan dan kehalusan budaya Brunei

Replika Beduk, Tekiding, Lasok dan Nyiru di Taman Seri Warisan Emas; Tutong - Brunei Darussalam
Di bagian belakang terdapat replika "Beduk" yang menjadi perlambang hubungan rakyat dalam perkembangan syiar agama Islam di masa lampau. Terdapat juga replika "Tekiding", "Lasok" dan "Nyiru" yang menunjukan kekayaan seni kerajinan tangan yang sekaligus berguna untuk mengolah padi sebagaimata pencaharian utama masyarakat yang menunjang kemantapan ekonomi negara.



Tutong brunei
Fotoku di Tutong, Brunei Darussalam, Januari-Februari 2012
Related Articles :

4 komentar:

  1. mas saya mau ke brunei untuk liburan/bagpaker bagaimana supaya mudah proses masuk ke negara tersebut. terima kasih
    saya kurniawan dari bantul jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brunei bebas visa kok mas untuk keperluan wisata soalnya termasuk negara ASEAN. Tinggal beli tiket dan selamat berjalan-jalan disana. Yang rekomended cuma ke Bandar Seri Begawan dan sekitarnya saja, sisanya biasa saja.

      Hapus
    2. kalau saya malah berharap bisa tinggal di sana

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...