Sabtu, 02 Februari 2013

Pantai Pangandaran

Sunset di Pangandaran

Pangandaran adalah nama pantai di pesisir selatan Jawa Barat. Pantai ini merupakan salah satu pantai terbaik di Pulau Jawa karena keindahannya dan banyaknya objek wisata pendukung di sekitarnya. Pantai ini terletak di Kabupaten Pangandaran yang berjarak sekitar 8 jam dari Jakarta atau 4 jam perjalanan dari Bandung.

peta wisata pangandaran

Kawasan Wisata Pangandaran terletak di sebuah tanjung dengan area cagar alam di bagian ujungnya. Dan karena letaknya yang istimewa itulah kita bisa menyaksikan Sunset dan Sunrise sekaligus di Pangandaran, karena jarak antara Pantai Barat dan Pantai Timur tidak terlalu berjauhan.
Tiket-tiket kawasan wisata Pangandaran
Kawasan Wisata Pangandaran terletak di satu area yang terpusat di satu pintu gerbang. Untuk memasukinya kita akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 12.500 dan bla bla bla sehingga total anda membayar Rp. 20.000. Simpan karcis itu baik-baik, karena kemungkinan anda akan keluar dari area itu untuk ke Green Canyon, Pantai Batu Hiu dan sebagainya yang notabene keluar kawasan wisata Pangandaran. Jika anda tak bisa menunjukan karcis masuk sebelumnya di pos penjagaan, maka anda harus membayar ulang tiap kali anda memasuki Pangandaran.

Di dalam Pangandaran, kita akan menemukan hotel berjajar di sepanjang jalan, dan mulai dapat mengintip pantai barat, pantai timur, cagar alam, pasar ikan dan tempat souvenir. 

Jika anda belum membooking hotel maka biasa ada orang yang akan mengikuti kendaraan anda dengan motor sambil menawarkan kamar murah di rumah penduduk. Waktu itu aku cari aman dengan menolak tawaran tersebut dan mulai menyinggahi satu per satu hotel yang berderet dan memberikan banyak pilihan.

Pantai pasir putih terletak di pesisir barat Pangandaran dan merupakan pusat atraksi dan tempat yang indah untuk melihat sunset, Pantai timur lebih berbatu dan dimanfaatkan untuk aktivitas permainan air seperti jetski, banana boat dan lainnya. Sehingga kita dapat menemukan deretan dermaga dan warung yang menawarkan permainan air di sepanjang pantai timur. Pemandangan di pantai timur biasa saja menurutku. 

Pantai Barat Pangandaran
Di ujung selatan kita akan menemukan pintu masuk ke area cagar alam. Di dalam cagar alam kita bisa juga menemukan pantai. Namun hati-hati dengan barang bawaan anda karena ada monyet juga di pantai cagar alam. di cagar alam juga kita bisa melakukan treking, tapi awas nyasar dan jangan berjalan jauh-jauh dari jalur umum. Karena kawasan ini cukup luas. Karena waktu yang terbatas, aku men skip cagar alam dari itinerary ku selama mengunjungi Pangandaran.

Yang juga tidak boleh dilewatkan adalah pasar ikan. Walaupun kondisinya kurang begitu bersih namun di tempat ini kita dapat menemukan restoran yang menjual seafood segar. Tinggal pilih jenis seafood yang kita mau, timbang dan tentukan mau dimasak apa. Bawal masak tausi menjadi rekomendasi saya kalau anda pesan makanan, Udang masak telur asinnya juga lumayan tuh. Duh mendadak jadi ngiler ngebayangin Bawal masak tausinya. Memakan seafood sambil menikmati angin laut memang terasa pas. Apalagi harga seafoodnya lumayan wajar.

Jika anda sudah puas menikmati Pangandaran, berkelilinglah ke objek wisata sekitar. Cukang Taneuh alias Green Canyon di Cijulang merupakan objek wisata lain yang terkenal dan berjarak sekitar 40 menit ke arah barat dari Pangandaran. 

Jika anda menyusuri jalan raya ke arah Parigi, maka anda akan menemukan berturut-turut Pantai Batu Hiu, kemudian Kota Parigi (ibukota Kabupaten Pangandaran), Green Canyon, dan terakhir Pantai Batu Karas.


Pantai Timur Pangandaran
Pantai Barat Pangandaran
Pantai Batu Hiu
cukang taneuh pangandaran
Cukang Taneuh / Green Canyon, Cijulang, Pangandaran
Pangandaran
Related Articles :

3 komentar:

  1. Nah, yang begini nih yang asyik dari Indonesia. Potensi yang sangat besar jika dikelola dengan semestinya dan dengan tujuan kesejahteraaan bersama. Belum pernah berkunjung ke sana. Semoga ada kesempatan.

    Betewe, salam kenal dari Makassar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Bro. Thanks sudah mampir.
      Semoga ke depannya pariwisata kita maju ya, gak kalah sama negara2 tetangga. Nulis blog gini sekalian nyalurin hobi mudah-mudahan bisa promosi pariwisata juga.

      Hapus
  2. Salam Kenal mas Willy
    Makasih banyak info2 ttg lokasi wisatanya. Sangat membantu buat mempertimbangkan tempat wisata. Termasuk tulisan ttg jebakan betmen di tangkuban perahu.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...