Jumat, 22 Februari 2013

Đàn Bầu, Alat Musik Tradisional Vietnam

độc huyền cầm 獨絃琴

Đàn Bầu adalah alat musik petik dari Vietnam. Yang membuat unik adalah jumlah senar pada alat musik ini yang hanya satu. Walaupun demikian, suara Dan Bau sangat berkesan untuk ku. Selain senarnya yang hanya satu, Dan Bau juga unik karena adanya batang (rod) yang dapat dikendur kencangkan saat bermain sehingga suara yang dihasilkan meliuk-liuk. Sepertinya diperlukan keterampilan dan insting tingkat tinggi untuk memainkan nada-nada pada Dan Bau agar tepat.

Gedung pertunjukan Thang Long Water Puppet di tepi danau Hoan Kiem, Ha Noi
Gedung pertunjukan Thang Long Water Puppet di tepi danau Hoan Kiem, Ha Noi
hoan kiem lake
Thang Long adalah nama lama dari Ha Noi
Perkenalan ku yang pertama dengan alat musik unik ini adalah saat aku berkunjung ke Ha Noi pada bulan Februari 2012. Pada kunjungan itu aku menyaksikan pertunjukan Thang Long Water Puppet yang merupakan hiburan lokal para petani di Vietnam kala musim panen tiba. Thang Long Water Puppet merupakan salah satu hal yang wajib anda saksikan saat mengunjungi Ha Noi (atau Ho Chi Minh City juga). Selain menyaksikan pertunjukan yang cukup menghibur, kita juga akan disuguhkan pertunjukan orkestra khas Vietnam sebagai pengiring Thang Long Water Puppet Attraction. Bahkan aku lebih terkesan dengan orkestra yang disajikan daripada atraksi water puppet nya.

Dan Bau sering dikaitkan dengan alat musik orang tuna netra pada masa lampau. Konon ini berhubungan dengan banyaknya pemain Dan Bau yang tuna netra dulu. Namun ada juga cerita yang menyebutkan bahwa Dan Bau adalah alat musik yang paling ditakuti oleh orang tua yang memiliki gadis. Penyebabnya adalah karena konon suara Dan Bau yang lembut mengalun dapat mempesona para gadis untuk tergila-gila mencintai para pemain Dan Bau.

Tak berlebihan memang, suara Dan Bau memang terbilang unik dan khas. Suaranya lembut, meliuk, melankolis dan cenderung sedih. Cara memainkannya pun unik dan dapat anda lihat di video pada postingan  kali ini. Silahkan anda nikmati video yang saya ambil dari youtube. Video ini diambil pada pertunjukan Thang Long Water Puppet, dan pemain yang memainkan Dan Bau sama seperti yang aku lihat kala di Ha Noi.

Untunglah sebelum meninggalkan Ha Noi aku sempat membeli CD Huong Sen, Grup pemain musik tradisional ala Vietnam. Sehingga jika aku kangen suasana ala Ha Noi yang romantis-aku tinggal menyalakan pemutar CD dan menikmati setiap irama orkestra ala Viet Nam yang mempesona.

Klik pada video di bawah ini untuk mendengarkan permainan Dan Bau di Thang Long Water Puppet Theatre

video


Đàn bầu
Wanita pemain Dan Bau di Thang Long Water Puppet, Ha Noi
Related Articles :
Welcome to Hanoi

My South East Asia Tour on January 2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...