Rabu, 28 Agustus 2013

Gunung Inerie, Piramid Alam dari Flores


Gunung Inerie adalah salah satu objek wisata yang dimiliki oleh Pulau Flores. Gunnung ini terletak di Kabupaten Ngada dan merupakan objek dominan yang menghiasi horizon di Kampung Bena. Namun spot terbaik untuk melihat gunung ini dari kejauhan ada di Aimere yang terletak di selatan kota Bajawa. Dari sini kita akan melihat Gunung Inerie sebagai piramid dengan sisi yang benar-benar lurus dengan puncaknya yang tajam, Persis gambar gunung sewaktu kita masih SD

Mount Inerie, Flores
Gunung Inerie yang nampak seperti piramid bila dilihat dari Aimere
Aku sendiri tidak ke Aimere saat itu, cukup menyaksikan dari Kampung Bena saja keindahan gunung yang satu ini. Dari Kampung Bena, gunung ini tetap nampak gagah dengan bagian lereng yang sedikit gundul namun semakin di puncak terlihat hutan yang cukup lebat. Lereng gunung ini memang dimanfaatkan penduduk lokal untuk berkebun.

Gunung ini masih aktif dan terakhir meletus tahun 1970 dengan ketinggian 2245 meter. Bila kemarau tiba pada sekitar bulan Juli-Agustus biasanya banyak pendaki yang mencoba menaklukan puncak lancipnya. Katanya sih cukup 3 jam mendaki maka anda dapat tiba di puncak dan menikmati sunrise yang indah di balik perbukitan yang berlapis-lapis (karena kontur Kabupaten Ngada aku perhatikan memang layaknya kertas kusut yang sangat tidak rata). Pendakian bisa dimulai dari Bajawa atau Watumeze dengan memanfaatkan jasa pemandu lokal.

Di puncak, kita akan disuguhkan pemandangan kota Bajawa di barat laut, dan memandang birunya Laut Sawu di selatan gunung ini. 

Gunung Inerie dilihat dari Kampung Bena
Gunung Inerie dilihat dari Kampung Bena
Gunung Inerie dilihat dari Kampung Bena
Kampung Bena, Kabupaten Ngada, Flores-NTT
Kampung Bena, Kabupaten Ngada, Flores-NTT
Kampung Bena, Kabupaten Ngada, Flores-NTT

Related Articles :
Kampung Bena
Yang Unik dan Menarik di Kabupaten Ngada, Flores
Pemandian Air Panas Mengeruda, Soa - Ngada

1 komentar:

  1. Pas banget nih, lagi cari informasi karena minggu depan kami hendak overland Pulau Flores dari Maumere hingga ke Labuan Bajo. Thanks a lot untuk infonya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...