Kamis, 01 Agustus 2013

Menjelajah Indahnya Maumere, Flores



Maumere adalah nama sebuah kota di Pulau Flores, dan merupakan ibukota Kabupaten Sikka, NTT. Kota ini dapat diraih dengan penerbangan dari Denpasar selama 2 jam atau  dari Kupang selama 1 jam. Tiba di Bandara Frans Seda aku cukup terkejut karena kota Maumere ternyata cukup besar dan bisa disejajarkan dengan ibukota kabupaten yang cukup maju di pulau Jawa.

Maumere berasal dari Bahasa Ende, dengan asal kata Ma’u yang berarti pelabuhan dan Mere yang berarti besar. yang berawal dari perintah raja Sikka untuk mendirikan sebuah perkampungan dan benteng di pantai yang berada di teluk yang mencekung indah dengan hamparan gugusan pulau yang membentang indah di depannya. 

Kali ini pemandangan bukit gersang ala NTT benar-benar dapat saya lihat di kota ini. Kontras, indah dan artistik. Mengapa aku berkata begitu? karena di Pulau Timor di daerah sekitar kota So'e (yang juga masih NTT), aku malah menyaksikan NTT yang sejuk, dingin, berkabut dangan hutan lumutnya yang mempesona di daerah Fatu'ulan.

Aku menginap di daerah Tanjung di kota Maumere. terletak sedikit di luar kota, namun aku bisa memilih penginapan dengan pemandangan laut dari terasku. Dari kota ke arah tanjung kita akan menyaksikan perpaduan kontras antara sawah yang menghijau dan bukit gundul yang menjulang dipenuhi semak mengering berwarna kekuningan. Indah sekali, seperti lukisan. NTT adalah salah satu Provinsi favoritku di Indonesia.

Di kota Maumere sendiri kita dapat mengunjungi beberapa objek wisata menarik
  1. Bukit Nilo, merupakan nama sebuah bukit tempat patung Bunda Maria berukuran besar terletak. Tinggi total patung tersebut adalah 46 meter dan manghadap ke arah kota Maumere. Dari bukit ini kita dapat melihat kota Maumere terbentang di tepi laut Flores dan merupakan spot terbaik di Maumera untuk menyaksikan matahari terbit.
  2. Taman Laut Teluk Maumere, inilah salah satu alasan para wisatawan asing untuk singgah di Maumere. Maumere beken dengan taman lautnya yang indah. Di daerah Waiara yang terletak 11 km ke arah timur Maumere terdapat beberapa resort dan hotel yang menyediakan perlengkapan untuk snorkeling dan diving. Pantai Waiara merupakan salah satu spot untuk menyaksikan matahari terbenam di Maumere.
  3. Bukit Salib di Tanjung Kajuwulu, susurilah jalanan di pantai utara Maumere ke arah barat. Pemandangan bukit-bukit mengering akan menghias sisi jalan dengan artistik. Jalan di daerah ini memang tidak selalu mulus dan kadang menanjak. kurang lebih 10 kilometer dari kota Maumere kita akan melihat sebuah salib putih bertengger di puncak bukit menghadap laut, itulah Tanjung Kajuwulu. tanjung ini memiliki tepi yang terjal dengan hamparan pantai pasir putih di dasarnya. Naiklah ke Bukit Salib dengan meniti 300 anak tangganya dan anda akan disuguhi pemandangan laut hijau biru terhampar kontras dengan padang gersang.
  4. Gereja Tua Sikka, sebenarnya sudah cukup jauh dari Maumere. Sikka terletak di pesisir selatan Flores, sedang Maumere di pesisir utara. Ada sebuah gereja tua peninggalan Portugis di desa ini yang dibangun pada tahun 1899. Selain gereja tua, Sikka terkenal sebagai daerah pengerajin tenun ikat khas NTT
  5. Paga, terletak cukup jauh dari Maumere, namun anda akan melewatinya bila anda hendak mengunjungi Ende/Kelimutu dari Maumere lewat pesisir selatan. Di Paga terdapat patung Yesus di sebuah bukit dan lagi-lagi kita akan dibuat takjub bila kita memandang pantai Paga dari bukit tersebut.
Letak Maumere, Sikka dan Paga di Pulau Flores
Letak Maumere, Sikka dan Paga di Pulau Flores
Pantung Maria Bunda Segala Bangsa di Bukit Nilo
Jalanan indah menuju Pantai Tanjung Kajuwulu (biasa dikenal dengan "Tanjung" saja)
Pantai Paga dilihat dari Bukit Patung Yesus
    Gereja Tua Sikka
    Padang rumput di Maumere
    Piece of Africa in Maumere
Related Articles :

3 komentar:

  1. salah satu referensi wisata, patut dikunjungi. terima kasih infonya

    BalasHapus
  2. banyak keindahan bagian Indonesia yg belum terungkap. terima kasih sharingnya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...