Kamis, 08 Maret 2012

Vietnam Cuisine : Nom Bo Kho


Nom Bo Kho; Vietnam's Dried Beef Salad
Ada satu makanan dari Vietnam yang menjadi favoritku dan rasanya seolah masih menempel di lidah dan tidak mau kulupa. Makanan tersebut bernama Nom Bo Kho. 

Kalau kita ketik "Nom Bo Kho" di Google, maka kita akan mendapat nama kerennya in English : "Dried Beef Salad". Namun kalau aku terjemahkan Nom Bo Kho menggunakan kamus lidah Indonesia, maka hasilnya : Asinan Bogor dengan irisan daging kering.

Makanan ini cukup populer di Vietnam terutama di Hanoi sebagai salah satu pilihan camilan ala street food. Wujudnya berupa pepaya muda dan wortel yang diiris ala korek api ditambah rempah daun (termasuk daun ketumbar yang seolah menjadi daun wajib dalam masakan Vietnam dan daun mint), ditambah potongan memanjang daging sapi kering beserta hati sapi kering yang kemudian disiram campuran antara cuka dan entah cairan apa dan ditaburi kacang tanah yang dicincang kasar. Makanan ini berkuah dan kuahnya kurang lebih mirip seperti kuah Asinan Bogor Gedong Dalam.

Rasa kecut, manis, gurih dari daging dan sangit dari daun ketumbar plus tekstur renyah dari pepaya muda menyatu di semangkuk Nam Bo Kho yang cocok sekali disantap ibu-ibu Vietnam yang sedang ngidam.
Walau tidak sedang dalam kondisi ngidam, namun aku tergila-gila pada makanan yang satu ini dan beberapa kali membelinya. Bahkan Nam Bo Kho adalah makanan terakhir yang sengaja kucari di Old Quarter Hanoi dan kusantap sebagai ucapan selamat tinggal sebelum meninggalkan Hanoi di Vietnam Utara menuju Ho Chi Minh City di Vietnam Selatan.

Harga seporsi Nom Bo Kho adalah 30.000 Dong, atau sekitar 15 ribu rupiah. Cukup banyak pedagang di sekitar Hoan Kiem Lake di Hanoi yang menjual makanan ini. Sekalipun suhu di Hanoi cukup dingin (sekitar 10-14 derajat saat ku datang), namun makanan ini tetap laris manis walau dirasa agak kurang cocok dimakan saat suhu dingin (berbeda dengan Pho Vietnam yang hangat dan berkuah mengepul).

Meracik Kuah Nom Bo Kho
Jika anda berkesempatan mengunjungi Hanoi, jangan lupa untuk menyempatkan menyantap makanan yang satu ini, Semoga tidak kecanduan.
Beberapa Street Food yang dijajakan ; Nom Bo Kho, Vietnam Springrolls, dan satu lagi entah apa namun enak
Rasanya enak, namanya tidak tahu, harganya 5000 VND/buah, berkuah ala Nom Bo Kho juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...