Minggu, 19 Februari 2012

Cirebon : Mesjid Agung Sang Cipta Rasa

Mesjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa (dikenal juga sebagai Masjid Agung Kasepuhan atau Masjid Agung Cirebon) adalah sebuah masjid yang terletak di dalam kompleks Keraton Kasepuhan, Cirebon, Jawa Barat. Konon, masjid ini adalah masjid tertua di Cirebon, yaitu dibangun sekitar tahun 1480 Masehi atau semasa dengan Wali Songo menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.


Masjid Agung Sang Cipta Rasa terletak di sebelah utara Keraton Kasepuhan. Masjid ini terdiri dari dua ruangan, yaitu beranda dan ruangan utama. Untuk menuju ruangan utama, terdapat sembilan pintu, yang melambangkan Wali Songo.




Keunikan masjid ini terletak pada atapnya yang tidak memiliki      kubah.  Konon, dahulunya masjid ini berkubah. Namun, saat azan pitu (tujuh) salat Subuh digelar untuk mengusir Aji Menjangan Wulung, kubah tersebut pindah ke Masjid Agung Banten yang sampai sekarang masih memiliki dua kubah. Karena cerita tersebut, sampai sekarang setiap Sholat Jumat di Masjid Agung Sang Cipta Rasa digelar Adzan Pitu. Yakni, adzan yang dilakukan secara bersamaan oleh tujuh orang berseragam serba putih.


1 komentar:

  1. mas, izin bagi foto masjidnya ya untuk wall facebook saya. makasih :) Langlang Buana II

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...