Sabtu, 19 November 2011

Mansinam, Pulau Injil di Papua


Acem Akwei! (= Selamat Datang!)
Pulau Mansinam adalah pulau yang terletak di teluk Doreri, sebelah selatan kota Manokwari. Di Pulau tersebut terdapat makam dan monumen berbentuk Salib besar yang dapat terlihat bahkan dari Pantai Pasir Putih di pesisir Manokwari. Pulau ini merupakan salah satu tempat yang wajib anda kunjungi apabila anda berada di Manokwari (ibukota Papua Barat).


Kalau berbicara tentang sejarah Tanah Papua, maka Pulau Mansinam akan menjadi titik penting, karena menjadi asal-muasal pekerjaan zending (misi) di Tanah Papua. Di Pulau ini, tepatnya 5 Februari 1885, dua orang zendeling-werklieden (utusan tukang) dari Jerman, C.W. Ottow dan Johann Gottlob Geissler menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di Papua.


Di bagian bawah kaki prasasti, hanya ada tulisan “Soli deo Gloria. De Eerste Zendelingen van Nederlandsch Nieuw Guinee C.W. Ottow En J.G. Geissler Zyn Hier Geland op 5-2-1855”. Di sisi tulisan ini, ada terjemahan dalam bahasa lokal. Artinya, kurang lebih, Zending pertama untuk Papua Ottow-Geissler tiba di sini 5 Februari 1855.



Setiap tahun tepatnya tanggal 5 Februari, umat Kristiani di Manokwari akan mengadakan Wisata Rohani di Pulau Mansinam untuk memperingati hari masuknya Misionaris tersebut ke Tanah Papua

Pulau ini dapat dicapai dengan menyebrang menggunakan perahu kecil bercadik (jonson) dari Pantai Pasir Putih selama 15 menit. Sebelum anda mencapai Mansinam anda akan melewati Pulau Lemon. Dua pulau ini memiliki terumbu karang yang indah. Saya tidak bersnorkeling saat itu melainkan hanya berenang di tepian pantainya namun tidak terlalu lama karena saya menyadari ada rasa perih seperti tertusuk jarum yang mungkin berasal dari sengatan ubur-ubur.

Untuk berenang, Pantai Pasir Putih merupakan pilihan yang sangat pas. Pasirnya benar-benar putih dan halus dan dipadukan dengan air laut yang berwarna biru kehijauan. Hal tersebut dijamin membuat kita tergoda untuk berenang, apalagi sebagian garis pantai tersebut terihat dari jalan raya secara langsung. Pantai di sini relatif tenang dan tidak berombak, namun sedikit curam. Dan pantai ini termasuk dalam daftar pantai terindah yang pernah kukunjungi.

Potensi Pariwisata di bagian Indonesia timur memang sangat luar biasa. Sangatlah mudah untuk mencari spot unik dan indah, yang diperlukan hanya promosi dan perbaikan sistem transportasi dan fasilitas di tempat wisata tersebut.

Pantai Pasir Putih, Manokwari
Menuju Mansinam menggunakan jonson
Pantai Pasir Putih, Manokwari


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...