Jumat, 31 Januari 2014

Islands Nation : Belitung




Belitung, merupakan nama dari salah satu Pulau utama di Provinsi Bangka Belitung. Pulau ini terletak di sebelah Timur pulau Bangka. Bangka dan Belitung telah lama dikenal sebagai pulau penghasil timah. Namun kemudian Belitung dikenal pula sebagai pulau dengan pantai yang indah dengan hamparan batu granit raksasa semenjak diterbitkannya novel dan film "Laskar Pelangi" karya Andrea Hirata.

Pulau ini dibagi menjadi 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Belitung yang beribukota di Tanjung Pandan (yang merupakan kota terbesar di Belitung); dan Kabupaten Belitung Timur yang beribukota di Manggar. Selain pantainya yang indah, Belitung juga terkenal dengan toleransinya yang perlu diacungi jempol. Banyak keturunan Tionghoa, Hakka, Hokkien berbaur dengan harmonis dengan penduduk asli Belitung yang kebanyakan orang Melayu. Perkawinan campur pun kerap kali terjadi.

Belitung saat ini sedang naik daun sebagai alternatif untuk wisata bahari dan budaya. Beberapa hal yang mendukung adalah letaknya yang tak terlalu jauh dari Jakarta, Objek wisatanya yang indah dan mudah diakses, wisata kulinernya yang mantap abis dan wisata sejarah untuk melihat kebudayaan Melayu dan setting novel laskar Pelangi di Belitung Timur.

Pemerintah Kabupaten nya sendiri pun tampak antusias untuk mengembangkan sektor pariwisata di Belitung. Hal itu tampak saat aku mengunjungi Belitung Timur untuk pengobatan gratis. Pemerintah Daerah bahkan memiliki website wisata, majalah wisata, merchandise dan goodie bag. Salut untuk Pemerintah Daerah Belitung Timur deh. tahun 2014 mereka mencanangkan Visit Belitung Timur 2014 dengan slogan : "Belitung Timur, Negeri Sejuta Pelangi".

video

Links to Another Islands :
Sumatra Matak Anambas Batam Bangka Belitung Jawa Kepulauan Seribu  Panggang Pramuka Madura Kalimantan Bali Sumbawa Komodo Rinca Kanawa Kambing Flores Timor Sulawesi Bunaken Ternate Halmahera Rau Morotai Tagalaya Meti Ambon Banda Dullah Kei Kecil Fair Kei Besar Nai Ohoiwa Wamar Dobo Babi Trangan Workai Penambulai Jambu Air Papua Mansinam

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...